Minggu, 31 Oktober 2010

UNIVERSITAS GUNADARMA

Universitas Gunadarma

 Universitas Gunadarma adalah salah satu universitas terbaik di Indonesia. Hal ini sudah dibuktikan dengan menjadi peringkat ke-5 sebagai salah satu universitas terbaik di Indonesia dan menjadi peringkat ke-1025 di seluruh dunia. Selain itu juga, pada tanggal 28 Oktober 2010 kemarin, Universitas Gunadarma menjadi peringkat ke-3 dalam program E-Learning Award 2010.

Salah satu program layanan on-line yang menjadi andalan Universitas Gunadarma adalah BAAK Gunadarma (Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan) yang memiliki alamat web  http://baak.gunadarma.ac.id yang biasa digunakan mahasiswa sebagai sarana mencari informasi terbaru di kampus tercinta ini.

Adapula layanan on-line khusus bagi mahasiswa/i Universitas Gunadarma yang digunakan sebagai sarana pengiriman tugas secara on-line kepada dosen, melihat jadwal kuliah, jadwal UTS dan UAS, serta hal-hal lain yang menyangkut tugas pribadi mahasiswa. Nama layanan on-line ini adalah Studentsite yang bisa diakses melalui http://studentsite.gunadarma.ac.id, namun salah satu kekurangan dari layanan on-line ini karena harus selalu update sesuai dengan program perkuliahan di Universitas Gunadarma, menyebabkan adanya gangguan teknis (maintenance). Tetapi hal ini tidak menjadikan Universitas Gunadarma menyerah untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan tersebut.
Selain 2 layanan diatas masih ada beberapa layanan yang tersedia seperti :
  1. UG Open Courseware (http://ocw.gunadarma.ac.id) adalah salah satu layanan terbuka dari Universitas Gunadarma untuk fakultas, mahasiswa Gunadarma dan seluruh mahasiswa serta pelajar di seluruh dunia.
  2. Virtual Class (http://v-class.gunadarma.ac.id) adalah salah satu layanan bagi mahasiswa sebagai salah satu tuntutan pemerataan mutu pendidikan di seluruh wilayah Indonesia, cara kerja Virtual Class ini adalah dengan menyelenggarakan pembelajaran jarak jauh dengan rekan sesama perguruan tinggi, termasuk perguruan tinggi di luar Jawa dan seluruh Indonesia.
  3. Wartawarga (http://wartawarga.gunadarma.ac.id) adalah layanan bagi seluruh mahasiswa Universitas Gunadarma untuk menuangkan aspirasinya berupa tulisan yang kemudian dimasukkan ke dalam blog mahasiswa tersebut lalu diterbitkan ke layanan ini agar bisa dilihat oleh seluruh mahasiswa serta dosen Universitas Gunadarma.
  4. Ilab Gunadarma (http://ilab.gunadarma.ac.id) adalah layanan praktikum mandiri bagi mahasiswa Universitas Gunadarma. Layanan ini berbeda dengan praktikum komputer reguler pada umumnya, karena jika pada praktikum komputer reguler para praktikan akan dibantu oleh asisten laboratorium maka di Universitas Gunadarma para praktikan akan dilatih untuk mengerjakan praktikum secara mandiri tanpa bantuan asisten laboratorium.
  5. UG Community adalah komunitas-komunitas yang ada di Universitas Gunadarma. Komunitas tersebut biasanya membantu mahasiswa untuk mengenal hal-hal lain selain perkuliahan. Salah satu komunitas yang ada di Universitas Gunadarma yaitu seperti Komunitas Fotografi (http://fotografi.blog.gunadarma.ac.id) yang mengajarkan teknik pengambilan gambar dengan menggunakan kamera digital (SLR/DSLR) dan kamera analog yang baik dan benar.
  6. UG Pedia (http://ugpedia.gunadarma.ac.id)  merupakan suatu wadah sumbangsih bagi civitas akademika khususnya dan bagi masyarakat umumnya, disini anda dapat mencari dan memberi arah informasi yang berkaitan dengan Universitas Gunadarma, mulai dari pendaftaran, perkuliahan, alumni, prosedur-prosedur, fasilitas serta hal-hal yang berhubungan dengan istilah yang sering ditemui di lingkup pendidikan universitas.
    Beberapa keunikan yang dapat anda gunakan pada UGPEDIA adalah: 
    1. InstanResponse , merupakan fasilitas pencarian seketika dengan model smart search artinya kami akan mulai mencari begitu anda mengetikkan keyword pada fasilitas InstantResponse.
     
    2. Kemudahan mencari informasi, UG memiliki sekitar 70-an subdomain, kami menyadari bahwa dengan banyaknya subdomain tersebut sulit bagi anda untuk mencari informasi pada subdomain yang kami miliki. Disini anda mendapatkan kemudahan dari kami menunjukkan arah yang tepat bagi informasi yang anda inginkan.
     
    3. Sehubungan dengan term "wikipedia" yang sering digunakan oleh masyarakat internet, maka disini pun anda dapat berkontribusi untuk menyumbangkan informasi-informasi yang berkaitan dengan Universitas Gunadarma, diharapkan dengan sumbangsih informasi tersebut dapat membantu adik, teman maupun pihak lain yang membutuhkannya.

    Layanan-layanan ini dapat diakses langsung atau melalui web resmi Universitas Gunadarma di http://www.gunadarma.ac.id. 

0 comments:

Posting Komentar